Bersama membangun Community ini menjadi MAJU dan JAYA

Sabtu, 01 Juni 2013

African Fat Tail Gecko

www.google.com
   Hewan ini berasal dari daerah Afrika sesuai dengan nama depannya. Gecko ini memiliki nama ilmiah Hemitheconyx caudicinctus. African fat tailed gecko merupakan dari leopard gecko .Bentuk badan kedua anggota keluarga gecko ini sama dari ujung moncong, badan,hingga ekor .Bedanya hanya terletak pada warna dan motif yang menghias badannya. 
   Seperti leopard, gecko ini juga banyak dibudidayakan .Warna-warna baru (morph) hasil persilangan dari tokek ini cukup menawan .Namun, dari sisi jumlah ,keragaman morp leopard gecko masih jauh lebih banyak dibandingkan dengan African fat tailed gecko.Beberapa morp dari african fat tailed gecko diantaranya normal,albino,tangerine,normal stripe, snow, panthom, sunglow dan tangerine tornado .African fat tailed juga aktif pada malam hari dan bersembunyi pada siang hari (nokturnal). Karena itu,sebaiknya diberikan hiding box atau tempat persembunyian didalm kandang.
www.google.com
   Seperti saudara kembaran leopard gecko ,tokek Africa ini juga memiliki  kelopak mata ,yang memungkinkan baginya membuka dan menutup mata,lebih dari sekedar berkedip .Hewan ini juga memiliki kemampuan memutus ekornya (caudal autotomy) saat keadaan terancam .Jika perawatannya dilakukan dengan tepat tokek asl africa ini bisa hidup hingga 15-20 tahun di dalam kandang .Panjang badan yang bisa di capai oleh tokek berekor gendut ini sekitar 20-22 cm, sedikit lebih kecil di bandingkan dengan ''kembarannya'', leopard gecko .



Sumber: Redaksi AgroMedia, Buku Memilih & Merawat Kura-kura, Ular, dan Gecko, Jakarta: AgroMedia Pustaka, 2010

0 komentar:

Posting Komentar