Bersama membangun Community ini menjadi MAJU dan JAYA

Jumat, 07 Juni 2013

IGUANA

www.google.com
Iguana hijau
(Iguana Iguana)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan    : Animalia
Filum        : Chordata
Kelas         : Sauropsida
Ordo         : Squamata
Upaordo   : Iguania
Famili      : Iguanidae
Genus      : Iguana
Laurenti, 1768
Spesies
Iguana Antilles Kecil, I. delicatissima
Iguana Hijau, I. iguana
Untuk kegunaan lain dari Iguana, lihat Iguana (disambiguasi).

 Iguana ialah sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Pertama kali mereka disebutkan oleh seorang naturalis berkebangsaan Austria Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768. Ada 2 spesies yang berbeda dari jenis kadal ini: iguana hijau dan iguana Antilles Kecil.
    Kedua spesies kadal tersebut memiliki lipatan kulit di bawah rahang, sekumpulan kulit yang mengeras yang berderet di punggungnya hingga ekor, dan "mata ketiga" di kepalanya. Mata ini disebut sebagai mata parietal, yang mirip seperti tonggak di atas kepalanya. Di belakang lehernya ada sisik kecil yang menyerupai paku panjang, dan disebut tuberculate scale. Iguana juga memiliki sisik besar bundar di pipinya yang disebut sebagai selubung subtimpani.
     Iguana memiliki penglihatan yang baik dan bisa melihat bentuk, bayangan, warna, dan gerakan pada jarak yang jauh. Iguana menggunakan matanya untuk mengarahkannya mengarungi hutan lebat, untuk menemukan makanan. Mereka juga menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama.
    Mereka merespon rangsangan visual berupa warna seperti jingga, kuning, merah muda, dan biru yang terdapat pada substansi makanan mereka. Telinga iguana disebut timpanum, yang merupakan gendang telinga iguana dan terdapat di kanan atas selubung subtimpani dan di belakang mata. Ini adalah bagian tubuh iguana yang amat tipis dan lembut, dan amat penting untuk pendengarannya. Mereka sering kali sulit untuk diketahui keberadaannya karena kemampuan mereka untuk menyatu dengan lingkungannya. Warna hijau alaminya sangat membantu dalam menyembunyikan dirinya dari predator.

 
www.google.com
Referensi
Bartlett Richard D. 2000. Iguana Handbook. Barron's Educational Series
Komunitas pecinta iguana
Berkembangnya hobi memelihara reptil, menjadikan iguana sebagai salah satu alternatif pecinta reptil herbivora. Hal ini memengaruhi banyak bermunculannya komunitas iguana di Indonesia.
Pranala Luar
Artikel bertopik reptil ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.
  • Nama                             : Iguana hijau
  • Nama Latin                     : Iguana iguana
  • Negara Asal                    : Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan Central and South America. Iguana yang import kebanyakan dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico dan Suriname.
  • Size                                 : Iguana Dewasa bisa mencapai 1.8mtr 
  • Umur: Apabila di pelihara dengan baik bisa mencapai usia 20 tahun..
  • Catatan                            : Banyak orang yang berpikir bahwa Iguana adalah hewan untuk pemula dalam pemeliharaan reptile, tapi sebetulnya itu adalah hal yang keliru. Iguana memerlukan penanganan yang serius yang biasanya diluar dari kemampuan pemula. Hal ini disebabkan kurangnya informasi dan pengetahuan yang menyebabkan Iguana mati sebelum dewasa. Dalam memelihara Iguana harus memperhatikan kandang, makanan.
  • Penampilan Umum            : Iguana adalah hewan yang paling sering dikenal sibagai Kadal. Iguana memiliki lima jari di tiap kakinya,memiliki “jenggerâ€. Semua jenis Iguana memiliki duri yang berada di sepajang punggungnya. Berbeda degan yang diketahui masyrakat bahwa warna iguana adalah hijau, semua juvenil mempunyai warna hijau, tapi setelah mereka dewasa,warna tubuhnya berubah menjadi coklat cenderung oranye dengan garis pada ekornya.
  • Kandang                           : 2.5 – 3.6 M Panjang x 1.2 – 1.5 lebar x 1.8 m Tinggi. Tempat minum harus disediakan di dalam kandang. Ranting untuk menajat atau pohon juga bisa disedikan di dalam kandang.
  • Temperature                      : Iguanas berasal dari tempat yang bersuhu tropic dan perlu tempat yang hangat, Suhu yang baik adalah 26 C s/d 29 C, tempat berjemur 32 C s/d 35 C. sebaiknya di kandang di pasang Thermometer untuk memantau keadaan suhu.
  • Panas dan Pencahayaan     : Sinar UV baik untuk menjaga metabolism dan pertumbuhan tulang pada Iguana, Tanpa sinar ultra violet Iguana akan mudah sakit dan bisa menyebabkan kematian.
  • Alas                                   : Iguanas sering kali menggunakan lidahnya untuk mengidentasi suatu benda maka alas yang berbahan dari serutan kayu tidak bisa digunakan karena akan menyebabkan tertelannya benda yang ada. Sebagai alas bisa digunakan Kertas koran atau kertas bekas, bisa juga di gunakan sejenis carpet karet atau bisa juga digunakan
  • Kelembaban                       : Kelembaban yang disukai adalah 65 % – 75 % . bisa digunakan pengairan yang menggunakan mesin atau pun bisa juga disemprot sehari dua kali untuk mempertahankan kelembaban. 
  • Diet                                    : Iguana adalah binatang pemakan tumbuhan. Sebaiknya untuk memberikan makanan dari bahan yang terbuat dari tumbuahn yang terdiri dari 40 – 45 % hijau –hijauan (collard,turnip,mustard,dandelion,escalore dan Cress) , Kemudian 40 – 45% adalah Sayuran (green bean, butternut, kabocha, snap dan atau peas, pasnip, asparagus, okra, alfalfa (yang matang bukan tunas ), onions, mushrooms, bell peppers, sweet potato, zucchini, yellow squash dan carrot ). 5 – 10 % adalah (Blackberris, strawberri, raspberri, grapes, manggo, melon, papaya, banana dan apel.) Tidak dianjurkan memberi makanan dari tanaman liar karena bisa menyebabkan iguana terkena penyakit.
  • Maintenance                        : Jagalah agar kandang selalu bersih, alas dan kandang bisa dibersihkan dengan pemutih dicampur air sebnyak 5 %, setelah itu disiram dengan air bersih agar sisa pemutihnya hilang, dan tidak meracuni Iguana. Selalu cuci sebelum dan setelah memegang iguana dan atau alat2.nya
Tips Menjinakkan Iguana
(new)COFER Surabaya Galery
Pertama-tama yang anda harus ingat sebelum memulai menjinakan seekor iguana adalah, jangan buru-buru! Seperti halnya mendekati seseorang yang anda taksir (sukai), menjinakan hati iguana membutuhkan waktu dan tahapan-tahapan tertentu. Tapi justru tahapan-tahapan inilah yang akan membuat anda makin sayang dengan si dia!
1. Belilah Iguana Muda/Baby: Iguana lebih mudah dijinakan ketika ia masih berumur sangat muda, walau menjinakan iguana dewasa bukanlah tidak mungkin tapi sangat dianjurkan untuk memeliharanya sejak kecil. Karena seperti binatang peliharaan yang lainnya, bond atau ikatan antara binatang peliharaan dengan majikannya akan terjalin lebih kuat jika ia tumbuh bersama.
2. Siapkan Tempat yang Nyaman bagi si dia: Tidak ada yang bisa merasa senang ketika tempat tinggalnya terasa asing dan tidak nyaman. Seperti halnya manusia, binatangpun dapat menjadi stress. Jika stress sudah terjadi, akan sangat sulit bagi anda untuk berinteraksi dengan iguana anda apalagi menjinakannya. Siapkan kandang terrarium yang sesuai dengan habitat iguana, ukurlah suhu kandang sesuai dengan kebutuhan, beri lampu atau piringan panas bila perlu. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan petshop anda untuk sekaligus menyipakan terrarium ketika anda membeli iguana tersebut.
3. Jangan terintimidasi dengan si dia: Anda masih harus berhati-hati karena secara alami iguana terbentuk dengan alat-alat pertahanan diri berupa ekor yang kuat, cakar dan gigi yang tajam, tapi bayi iguana bukanlah ancaman. Iguana yang belum dijinakan akan menunjukan sikap galak, tapi jangan merasa terintimidasi olehnya. Gelagat galak iguana tidak lain hanya merupakan reaksi ketakutan. Biarkan iguana anda untuk beberapa waktu hingga ia merasa tenang. Walaupun setelah ia merasa nyaman dengan lingkungannya bukan berarti dia langsung jinak loh. Tidak jarang iguana akan lebih agresif ketika dia telah merasa nyaman didaerah barunya.
4. Perkenalan dua sahabat: Nah, ketika si iguana sudah terlihat tenang dan terbiasa dengan tempat barunya, inilah saat tepat untuk perkenalan dua sahabat. Persahabatan tidak dapat terjalin jika salah satu pihak merasa terintimidasi. Hal yang utama yang anda harus ingat dalam menjinakkan iguana adalah hindari sikap atauh tingkah laku yang dapat mengintimidasi iguana anda. Tunjukan bahwa anda bukanlah ancaman baginya. Biasakan dia dengan kehadiran anda sesering mungkin. Ketika dia telah mengenali bahwa kehadiran anda bukanlah ancaman ia akan terlihat tenang dan cuek ketika anda lewat atau nongkrong dipinggir kandang.
5. Kenali Sifat dan Gerak-gerik si dia: Iguana akan menampakan gerakan khas ketika dia merasa terancam, kepalanya yang tegak dengan mata melihat kearah anda atau dengan menggerakan ekornya. Semakin anda mengenali sifat dan gerak-geriknya, akan semakin memudahkan proses penjinakan. Bersabarlah pada sicantik, berilah dia makan dan bersihkan kandangnya dengan sikap cuek, tunjukan padanya kalau anda bukanlah musuhnya dan anda adalah sumber makanan baginya. Biarkan iguana hingga dia terlihat tidak lagi terganggu dengan kehadiran tangan anda yang keluar masuk kandang.
6. Bicaralah padanya: Ketika anda melakukan kegiatan sehari-hari dengan iguana anda seperti memberinya makan dan membersihkan kandang, sebaiknya anda berbicara pada si dia. Semakin iguana anda mengenali suara anda, semakin dia akan merasa nyaman ketika anda mulai berinteraksi intensif dengannya.
7. Berikan dia Signal: Setelah menjalani tahap perkenalan dan pengertian yang begitu panjang, anda akan secara bertahap mendapatkan kepercayaan dari si dia, ketika waktunya tiba, inilah saatnya beraksi! Eeeehh, tapi jangan grasak-grusuk! Alon alon ya mas kalau orang jawa bilang. Pertama-tama, sandarkan tangan anda pada sisi kandang untuk beberapa waktu. Sikap ini akan menjadi sebuah signal (tanda) bagi iguana anda dikemudian hari bahwa anda akan melakukan sesuatu padanya. Jangan meletakan tangan anda pada mulut kandang, karena ini dapat dianggap ancaman baginya.
8. Sentuhlah si dia: Ketika iguana anda tidak lagi merasa terancam dengan kehadiran tangan anda di kandangnya, mulailah mengulurkan tangan anda dengan perlahan mendekati sang iguana. Biarkan tangan anda menyentuhnya dengan lembut. Ketika iguana tidak menampakkan reaski agresif sewaktu tersentuh, saatnya tiba bagi anda untuk membelai tubuhnya. Belailah dia secara bertahap dari jarang hingga sering, dari sebentar hingga lama.
9. Gendonglah si dia: Belaian lembut tidaklah cukup! Ketika si dia telah mengijinkan anda membelainya sesering mungkin, saat yang ditunggu-tunggu telah tiba! Geserkan tangan anda dibawah perut iguana lalu angkatlah dia secara perlahan, genggamlah dengan lembut tapi posisi tangan anda terkunci dengan aman, jangan sampai iguana anda terjatuh karena genggaman anda terlalu longgar. Dengan posisi tangan yang demikian selain akan melindungi anda dari bagian-bagian tubuh iguana yang berbahaya juga akan membuat iguana merasa aman dan terjaga dalam genggaman tangan anda.
10. Paksa sedikit si dia: Terkadang iguana akan bertingkah dan marah pada saat pertama kali anda mengangkatnya. Jangan dilepas! Paksa sedikit si dia dengan terus menggegamnya lembut hingga dia merasa tenang. Melepas dan meletakkan dia kembali ke kandang ketika ia berontak hanya akan membuatnya nakal dan manja sehingga dia akan bertingkah buruk setiap kali dia inginkan. Sedikit disiplin juga perlu, tapi ingat, jangan terlalu dipaksakan dan jangan kasar.
Itulah tahap-tahap penting dalam menjinakkan iguana. Tidak susah bukan? Memang membutuhkan waktu, tapi waktu yang anda lalui berdua akan menjadi ikatan yang sangat kuat diantara anda dengan iguana kesayangan anda. Belum lagi, bukankah selalu menyenangkan dan sebuah kepuasan tersendiri ketika berhasil menjinakkan sebuah hati yang anda inginkan?
 
Kasus - Kasus Penyakit pada Iguana

MBD 
www.google.com
www.google.com

MBD, atau penyakit tulang metabolik, adalah masalah yang sangat umum . MBD terjadi ketika sebuah iguana tidak dapat memproses kalsium dalam makanan mereka, atau jika mereka tidak menerima cukup kalsium dalam diet mereka. MBD dapat menyebabkan cacat parah dan akhirnya kematian jika tidak ditangani. Iguana membutuhkan diet yang kaya akan kalsium agar tetap sehat. Mereka juga memerlukan sejumlah besar UVB menghasilkan cahaya untuk dapat memproses kalsium mereka dapatkan dari diet mereka. UVB membantu tubuh mereka memproduksi D3, yang pada gilirannya membantu mensintesis kalsium dalam tubuh mereka. Penelitian menunjukkan bahwa iguana tidak dapat memproses D3 diet, tetapi membutuhkan UVB untuk memproduksi sendiri. D3 Suplemen yang mengandung dapat menyebabkan overdosis vitamin, dan menyebabkan lebih berbahaya daripada baik. Terlalu banyak kalsium dapat menyebabkan kondisi yang disebut hypercalcemia, yang bisa sama berbahayanya dengan MBD.
 
Luka (wound) 
Sifat ingin tahu dari iggy dapat membuat mereka terluka terutama di bagian mulut dan ekor. Betadine dan alkohol adalah cara yang baik untuk mensterilkan luka. Salep antibiotik seperti Neosporin dapat diterapkan pada luka untuk membantu penyembuhan. Salah satu luka non-lifethreatening paling menakutkan yang dapat terjadi bagi pemilik iggy adalah hilangnya ekor. Iguana dapat memutuskan bagian ekornya sebagai mekanisme pertahanan terhadap predator. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah mengingat untuk tidak pernah untuk merebut ekor iggy ketika hendak memegang. Putus ekor juga dapat terjadi jika iggy ekornya terjebak dalam pintu atau terjepit, atau dari serangan oleh hewan peliharaan lain seperti kucing dan anjing. Hati2 terhadap peliaraan pet lainnya apabila berada di sekitar iggy. Jika ada pendarahan, betadine dapat digunakan untuk menghentikan aliran darah dan membantu pembekuan. Jika kehilangan darah terus-menerus, atau jika ekor tidak benar2 putus / patah segera hubungi vet (dokter hewan). Baby / juvenile kebanyakan akhirnya ekor dapat tumbuh kembali( selama patah / putus di bagian bawah ekor. Ekor baru biasanya berwarna gelap abu-abu atau warna hitam, warna dan bentuk tidak spt semula.
Busuk Mulut (mouth routh) 
www.kaskus.co.id
www.kaskus.co.id
Mulut busuk biasanya muncul disekitar / dalam mulut iguana . Tanda-tanda awal mungkin termasuk perubahan nafsu makan, dan / atau perubahan warna pada bagian dalam mulut. Biasanya disebabkan gara gara iggy sering nabrakin mulutnya ke kandang, atau penyebab lain lain . penanganannya itu jemur yang rajin, semprot pake betadine kumur Pengobatan untuk busuk mulut biasanya meliputi pembersihan mulut dan membutuhkan antibiotik, mudah dan dapat disembuhkan asal segera diatasi.
 
Cacar 
biasanya ada benjolan kecil kecil banyak di seluruh badan gan,isinya ya air mungkin nanah ya kayak kita aja cacar gimana sih .. nah penanganannya itu kasih makan yang banyak supaya cepet shedding gan, terus sering sering jemur disaat happy hour (7-11)
 
Gangguan ginjal & hati 
gangguan ginjal bisa menyerang iguana dari segala usia. Ada banyak penyebab gangguan ginjal. Dua dari yang paling umum adalah dehidrasi dan diet yang tidak tepat. Iguana adalah hewan tropis dan memerlukan tingkat kelembaban yang tinggi untuk berkembang. Lingkungan yang terlalu kering, atau makanan seperti diet pellet komersial yang terlalu berlebihan bisa menyebakan gagal ginjal. Diet merupakan faktor penting dalam masalah ginjal. Salah satu penyebab paling umum dari gagal ginjal di iguana adalah makan protein hewani. Gangguan hati disebabkan terlalu banyak atau terlalu sedikit protein, faktor MBD, fosfor terlalu banyak, dan masih banyak lagi. Cara terbaik untuk mencegah masalah dengan gangguan hati adalah memberikan diet dan habitat yang tepat bagi iggy.
 
Kepanasan (overheating & burn) 
Meskipun iggy CINTA untuk berbaring di bawah terik matahari atau lampu buatan UVB , perlu diperhatikan tingkat kepanasannya. Sering kali, bahkan ketika terlalu panas iggy terjebak dalam kandang. Tanda-tanda nya iggy terengah-engah, mulut terbuka /menganga lebar. Ketika melihat ini terjadi segera keluarkan dari sumber panas, iggy didinginkan secara alami jangan langsung diguyur air dingin lho.... Berikan air yg keran / mineral yg wajar. Peringatan: JANGAN PERNAH menempatkan iggy dalam tangki tertutup atau di luar kandang atau di jendela tanpa diawasi! Matahari bisa memasak iggy!
 
Jamur 
www.kaskus.co.id
Jamuran terjadi krn berbagai penyebab, termasuk lingkungan dan internal yang tidak bersih.. pengobatannya rutin (kalo bisa tiap hari) dimandiin dengan air hangat yg diberi antiseptik (dettol cair), gosok badan iguana secara perlahan dengan sikat gigi guna membersihkan badan iguana & membunuh bakteri yg menempel.. setelah itu olesi salep ultracilin di bagian yg ditumbuhi jamur.
Note: - kalpanax panas (not recommended) - salep ultracilin cuma 6rb rupiah di warung.. - pemakaian sehari sekali sehabis dimandikan.. - jamur bisa menyebar kalo gak ditumpas.

Cacingan 
disebabkan makanan dan kandang yang tidak bersih, makanya kalo ngasi makan sayuran dicuci dulu (sekalian dicuci kan sekalian basah tuh buat asupan air iggy) kandang dibersiin tiap hari supaya iggy sehat n btw gak bau.

Pengobatan cacingan ada 2 cara :
 -Obat Cacing Generik
Panacur berbentuk bubuk & cair. Cara pakai: bubuk dibubuhi ke makanan Iguana / cair diolesi ke mulut Iguana Dosis: konsultasikan ke seller / apoteker nya.


-Obat Cacing Alami
Biji Pepaya bisa yg masih basah / sudah kering. Cara pakai: yg basah dikasih makan langsung ke Iguana nya (kalo mau dimakan) & yg kering ditumbuk halus lalu dibubuhi ke makanan Iguana nya.  Dosis: secukup nya saja,tidak ada efek samping karena herbal.

Ciri-ciri Iguana Stres Iguana termasuk hewan yang mudah stres. Karena itu, penting bagi kita untuk mengenal ciri-ciri iguana ketika stres. Gejala Iguana stres umumnya tidak nafsu makan, galak, warna kulit tubuhnya terkesan gelap dan kerap bertingkah kasar.
Untuk solusinya, kita harus memperhatikan lebih dahulu makananya. Barangkali makanan yang kita berikan kurang menarik baginya. Selain itu, kita juga bisa lakukan dengan memindahkannya ke tempat yang lebih tenang, beri dia minum dan suplemen yang ditaburkan diatas makanan dan minumannya. Harapannya, agar ia tidak stres dan energi yang dikeluarkannya saat stres kembali lagi. 
Tentunya, merawat iguana dibutuhkan kesabaran dan perhatian yang lebih sehingga ia benar-benar menjadi hewan yang jinak. Dan jangan dekatkan dengan hewan pengganggu separti tikus, kucing dan anjing.


 SHEDDING / Ganti Kulit pada Iguana
www.google.com


    Iguana akan menanggalkan kulit mereka seperti reptil lainnya, sheeding yg rutin dan sempurna biasanya merupakan tanda perawatan yg baik. iguana baby biasanya shedding setiap 4-6minggu, namun untuk yg dewasa mungkin hny 1x setahun, itupun bisa tidak semua bagian tubuh berganti kulit. Semakin cepat pertumbuhan iguana, semakin sering iguana shedding, dan tidak selalu sheeding itu merata diseluruh tubuh, hny bagian2 yg tumbuh dgn cepat. Perendaman, rutin memandikan dan menspray kandang akan membantu proses shedding.
    Pastikan dikandang terdapat kayu panjatan, hal ini dapat membantu iguana mengelupaskan kuluitnya, kita pun dapat membantu mengelupaskan kulitnya yg sudah longgar, tp jgn dipaksa. daerah shedding yg sulit dan harus dibantu kita adalah spike, kuku, mulut dan ujung ekor. Spike dan kuku harus dibantu sheddingnya, karena jika daerah ini tidak sepenuhnya terkelupas, kulit akan mengeras dan bertindak sebagai tourniquet alias tempat mengumpalnya darah. Sehingga nanti jari akan terinfeksi dan membengkak, ujung2nya jari akan putus dengan sendirinya.

    Bagian mulut harus dibantu, karena iguana saat shedding dimulut akan menggosok-gosokkan mulutnya ke pinggiran kandang, hal ini menyebabkan iguana sariawan/rubbing. Shedding juga membantu menghilangkan luka akibat rubbing, jamur, ataupun luka goresan.. Meskipun untuk benar2 menghilangkan bekas dibutuhkan 3-5x shedding. Gagal shedding tak hanya berakibat fatal dijari iguana, jika gagal shadding itu terjadi di spike, maka spike juga akan kering, yg ujung2nya akan iritasi atau menimbulkan jamur, sehingga spike akan putus dengan sndirinya. dari beberapa sumber luar negeri, untuk melembabkan kulit iguana saat shedding, dapat mengoleskan minyak pd iguana, tp bukan baby oil.. Entah minyak apa, mgkin minyak khusus shedding iguana #shedding
 
                                                Ciri - Ciri Iguana Hamil
KPI Jatim Galeri
Perkimpoian ada di awal musim Semi atau musim Gugur (kalo di Indonesia katanya Januari-April) Iguana betina makan banyak sebelum kimpoi Pada masa bulan kedua kehamilan jadi males makan karena perutnya terisi banyak telur Iguana betina saat hamil membutuhkan kalsium, karena dia kurang makan, jadi tambahkan asupan kalsium Membutuhkan kandang yang lebih besar, hindari iguana stress karena kandang sempit Iguana betina perutnya akan semakin membesar dan mengencang.
www.google.com

Perubahan tanda-tanda saat kehamilan
Minggu 1-4 Nafsu makan tetap cukup stabil,mulai gelisah

Minggu 4-5 Napsu makan menurun, asupan minum air meningkat, tinja sedikit hanya muncul sehari atau dua hari setelah makan, urat menjadi tebal, agar membuat iguana tenang, lebihkan waktu berjemur
Minggu 5-6 Makan sedikit, minum lebih banyak, meski asupan makan berkurang, berat tidak terlihat perubahannya, karena tergantikan oleh berat telur
Minggu 6,5-7 Jika di raba sepanjang sisi perut, ada 2 benjolan lembut, disisi depannya juga ada. itu telur
Minggu 7,5-8+ Ekor akan lebih tipis, perut lebar, tonjolan semakin terasa dan mengarah ke satu sisi
Waktu2 bredding :

kimpoi : Februari - Maret Bertelur : Maret - April Menetas : Juli - Agustus
 
Sumber : http://www.satwaunik.com/animal-care/green-iguana-hijau/

17 komentar:

Unknown mengatakan...

Keren gan kasih lagi dong info nya , saya ada minat buat ternak iguana :)

Unknown mengatakan...

Bgaimana cra merawat telur iguana sampai menetas

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara atasi ekor yg busuk.

ejanshah mengatakan...

My iguana baru keluarkan telurnya tapi hanya sebiji.. Biasa berapa banyak telur iguana

ejanshah mengatakan...

My iguana baru keluarkan telurnya tapi hanya sebiji.. Biasa berapa banyak telur iguana

Unknown mengatakan...

minta alamat peternakan iguana di surabaya dooonk gan,,makasih

Unknown mengatakan...

Iguana yg baru sy beli rubbing, bengkak mulutnya, tolong dong sarannya guys

Unknown mengatakan...

Iguana yg baru sy beli rubbing, bengkak mulutnya, tolong dong sarannya guys

Unknown mengatakan...

Iguana saya, mulai malas bergerak. Perutnya juga mulai sedikit gemuk. Dan dia suka banget membuka mulutnya, bahkan saat sedang tidur.
Itu kenapa yaa ? Apa iguana saya sakit ? :'(

Unknown mengatakan...

Kaki dan ekornya ikut gemuk ga?kemungkinan kalo perut aja bisa jadi cacingan

Unknown mengatakan...

Kaki dan ekornya ikut gemuk ga?kemungkinan kalo perut aja bisa jadi cacingan

Unknown mengatakan...

Gan mata iguana saya besar sebelah? Itu kenapa yaa? Sakit bukan?

Unknown mengatakan...

Kaki terkilir pada iguana apa obatna? Iguana saya jatuh dari kursi.

marcus jefferson mengatakan...

Selamat siang semuanya,
Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
seorang neughrogist
dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
aplikasi?
+2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
senang berbisnis dengan kami

Email: dralexspeciallist@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya punya iguana baru dateng tapi udah sering di pegang in tapi ahir-ahir ini nggak mau makan kenapa ya ??apa iguana nya stresss

Asri mengatakan...

Iguana saya mengalami luka di jari tangannya, trus bengkak dan berubah menjadi hitam. sebaiknya diberi apa ya? atau harus diamputasi ke dr hewan?
terima kasih

Unknown mengatakan...

Bs minta masukan. Mengapa ujung ekor iguana mengering 1-2cm. Iguana saya msh sering mukul kl dipegang. Bagaimana mengatasinya. Mksh

Posting Komentar