Bersama membangun Community ini menjadi MAJU dan JAYA

Kamis, 10 Mei 2012

Boa

www.google.com
Boa berasal dari Amerika Selatan, Afrika dan karibia. Boa juga dapat ditemukan di daerah Asia, seperti Indonesia (Maluku & Papua), India serta Srilangka. Panjang tubuh boa dewasa sekitar 2,5 - 4 meter, dengan bobot badan 13 - 35 kg. Tubuh boa jantan biasanya lebih kecil dari pada betina. Boa memiliki corak yang menawan. Seperti layaknya ular lain, semakin dewasa warna kulit boa akan memudar, tetapi kecerahannya tidak berkurang.



www.google.com
 Umur boa bisa mencapai 30 tahun atau lebih apabila dipelihara dengan baik. Temperatur yang di sukai oleh ular ini adalah 27 - 29 derajat celsius pada siang hari dan 24 - 26 derajat celsius pada malam hari. Boa suka berjemur pasa temperatur sekitar 35 derajat celsius. Boa berkembang biak dengan cara melahirkan telur yang menetas di dalam tubuhnya (ovovivipar).


www.salmonboa.com
 Boa constrictor
Boa constrictor termasuk spesies yang populer dan banyak dipelihara hobiis. Memiliki dua subspesies yang juga populer di pelihara, yaitu boa constrictor constrictor (bcc) dan boa constrictor imperator (bci). Jenis boa constrictor constrictor (bcc) diantaranya colombian red-tailed boa, suriname, guyana, dan albino boa. sedangkan boa constrictor imperator (bci) diantaranya central american boa, salmon boa, mexican boa, super salmon, columbian boa, pastel boa, hog island boa, dan sonoran desert boa.



www.google.com
Anaconda
Anaconda masih termasuk spesies boa. Anaconda merupakan ular terbesar di dunia. Habitat anaconda di perairan dan rawa. Tempat asal ular ini di sekitar Brazil bagian barat, Argentina bagian utara, Paraguay, Bolivia, da Uruguay. Ada dua jenis anaconda yang hidup di dunia. yaitu Anaconda hijau dan Anaconda Kuning.




Anaconda Hijau ( Eunectes murinus )
www.google.com
Anaconda jenis ini sangat tekenal dikarenakan kisahnya telah difilmnkan. Anaconda Hijau dapat tumbuh lebih dari 29 feet atau 8,8 meter dengan berat lebih dari 550 pon atau 227 kg dan diameter kurang lebih 12 inci atau 30 cm. Diantara kerabat anaconda, anaconda hijaulah yang paling besar. Ukuran tubuh betinanya lebih besar daripada yang jantan. dan Anaconda hijau lebih agresif daripada anaconda kuning. Anaconda hijau sudah banyak diperdagangkan di pasaran internasional. Tubuhnya dirancang untuk mudah berjalan di air daripada di darat. Mata dan rongga hidungnya terletak di atas kepala sehingga memudahkannya untuk menyelam dan beraktivitas di dalam air. Pada masa kawin, terjadi kompetesi antar penjantan untuk memperebutkan sang betina dan hal ini terjadi selama 4 minggu.


www.google.com
Anaconda Kuning ( Eunectes notaeus )
Relatif lebih jinak daripada anaconda hijau sehingga lebih disarankan untuk dipelihara hobiis. Julukan bagi ular ini adalah paraguayan anaconda. panjang tubuhnya bisa mencapai empat meter. pola warnanya antara lain kuning, emas kecokelatan, atau kuning kehijauan yang berkombinasi dengan warna hitam atau cokelat tua.


Sumber: Redaksi AgroMedia, Buku Memilih & Merawat Kura-kura, Ular, dan Gecko, Jakarta: AgroMedia Pustaka, 2010
            http://rivanputra.wordpress.com/2011/05/01/anaconda-hijau/

0 komentar:

Posting Komentar